Blog tentang Telur Konsumsi Semoga Bermanfaat Buat semua

27 Juli 2016

Ciri-ciri Hasil Olahan Telur yang Rusak

1.Ciri-ciri telur asin hasil olahan yang rusak

 a.   Telur asin tidak stabil sifatnya, artinya  tidak dapat disimpan lama  mengalami  cepat kerusakan. Semakin banyak garam yang digunakan dan semakin lama waktu pengasinan, telur akan semakin awet dan asin. Setiap orang mempunyai selera yang berbeda mengenai rasa asin ini. Karena itu, penggunaan garam dan waktu pengasinan sebaiknya dibatasi, sampai taraf yang enak dinikmati oleh lidah konsumen.
b. Aroma dan rasanya tidak  enak. Telur asin yang tidak baik akan   menimbulkan rasa amis, pahit, bau amoniak, bau busuk, serta rasa dan bau lainnya yang tidak diharapkan.
c. Telur asin yang tidak baik tidak  mengandung minyak di bagian pinggirnya .
d.  Letak kuning telur tidak  di tengah-tengah., kemungkinan penyebabnya adalah telur segar yang digunakan sudah rusak atau peletakan telur dalam tempayan tidak tepat. Sebaiknya telur diletakkan dengan bagian tumpulnya menghadap ke atas. (Prof. DR. Ir. Made Astawan, MS. Guru Besar Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi IPB).

2.Ciri-ciri telur yang rusak dalam pembuatan kue

a. Telur yang rusak dalam pembuatan kue/bronis,sifatnya tidak stabil artinya  tidak dapat disimpan lama  mengalami  cepat kerusakan.
b. Aroma dan rasanya tidak  enak. Telur yang mengalami kerusakan seperti ini akan menimbulkan rasa amis, pahit, bau busuk, dan rasa dan juga tekstur yang tidak bagus .
c. Telur yang mengalami kerusakan dalam pembuatan kue menyebabkan kue tidak mau mengembang dengan baik seperti  biasanya.

3.Ciri –ciri telur yang rusak pada pembuatan telur mata sapi

a. Telur yang rusak dalam pembuatan telur mata sapi,sifatnya tidak stabil.
b. Aroma dan rasanya tidak  enak. Telur yang mengalami kerusakan seperti ini akan menimbulkan rasa amis, pahit, bau busuk, dan rasa dan tekstur yang tidak bagus .
c. Letak kuning telur tidak  di tengah-tengah., kemungkinan penyebabnya adalah telur segar yang digunakan sudah rusak.

Anatomi Telur