Blog tentang Telur Konsumsi Semoga Bermanfaat Buat semua

03 Juli 2012


Apa Bedanya Telur Berkulit Cokelat dan Putih?



Jakarta - Telur merupakan protein hewani selain daging yang kaya nutrisi. Cokelat dan bulat lonjong merupakan ciri dari sebutir telur. Kulit telur yang dijual di pasaran ada yang putih dan ada yang cokelat. Apa yang membedakan warna ini?

Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa. Ayam ras atau ayam negeri dan ayam kampung sama-sama menghasilkan telur. Namun pada ayam ras memiliki 2 warna kulit telur yang berbeda yaitu cokelat dan putih. Meskipun berasal dari jenis ayam yang sama namun kedua warna ini memiliki perbedaan.

Biasanya ayam ras betina bertelinga putih akan menghasilkan telur yang putih. Sedangkan ayam ras bertelinga merah akan menghasilkan telur berwarna cokelat dan sedikit berbintik biru. Namun keduanya memiliki nutrisi yang sama yaitu 154 kkal energi, 12,4 gr protein, 10,8 gr lemak dan 0,7 gr karbohidrat.

Perbedaan warna kulit telur disebabkan oleh pigmen yang ada dipermukaannya yaitu Cephorpyrin. Kulit telur berwarna cokelat memiliki ketebalan sekitar 0,51 mm, sedangkan tebal kulit telur warna putih hanya 0,44 mm. Hal tersebut akan mempengaruhi masa penyimpanan telur.

Berdasarkan berita yang dilansir dari HuffingtonPost.com mengatakan bahwa, banyak orang yang mengira bahwa telur yang berwarna cokelat memiliki nutrisi yang lebih baik dibandingkan telur yang berwarna putih. Harga telur yang berwarna cokelat biasanya lebih mahal karena ukurannya yang lebih besar.


sumberdetik.com

Anatomi Telur