Blog tentang Telur Konsumsi Semoga Bermanfaat Buat semua

09 Juli 2012

Jelang Ramadhan, Harga Sembako di Tangerang Melonjak

Ramadhan masih tiga pekan lagi. Namun, lonjakan harga sembako di sejumlah pasar, baik tradisional maupun pasar modern, mulai terasa.
Tak tanggung-tanggung, lonjakan kenaikan harga yang terjadi saat ini bahkan sudah mencapai antara 20 hingga 30 persen dari harga normal.
Selain meningkatnya permintaan akan kebutuhan sembako, kenaikan juga disebabkan oleh minimnya suplai bahan pokok yang masuk ke pasar.
Tak pelak, kenaikan harga sembako kali ini langsung mengundang keluhan, baik dari kalangan ibu rumah tangga maupun dari kalangan pedagang sendiri.
Pasalnya, kenaikan harga terjadi berbarengan dengan datangnya musim tahun ajaran baru bagi anak sekolah. sedangkan penghasilan yang diterima oleh kalangan buruh dan pegawai swasta, tidak mengalami peningkatan.
Pantauan di Pasar Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, kenaikan harga terjadi pada aneka jenis sembako. Seperti beras, telur, minyak goreng hingga gula putih.
Untuk telur misalnya, dari harga Rp. 17 ribu naik menjadi Rp. 20 ribu per kilogramnya. Minyak goreng dari Rp. 10 ribu menjadi Rp. 12 ribu per kilogramnya, gula putih dari Rp. 11 ribu menjadi Rp. 13 ribu per kilogramnya.
“Kenaikan harga ini menjadi bukti bahwa pemerintah tidak berdaya dalam mengendalikan harga kebutuhan pokok. Terlebih, kondisi ini rutin terjadi setiap kali akan datang hari besar keagamaan,” ujar Lisa (30), warga Perumahan Bumi Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (6/7/2012).
Keluhan senada juga dilontarkan Safei (45), pedagang kelontong di Pasar Kelapa Dua. Menurutnya, kenaikan harga kebutuhan pokok ini semakin terasa, karena bertepatan dengan datangnya tahun ajaran baru bagi anak sekolah. (*)

Anatomi Telur